NW ONLINE

Aklamasi, Tuan Guru Bajang KH Zainuddin Atsani, Terpilih Sebagai Ketua Umum PB NW

Ummuna Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, Didaulat Jadi Rois ‘Aam Dewan Musytasyar PBNW

Mataram SR – Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH LG Muhammad Zainuddin Atsani, Lc., M.Pd.I., secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum PBNW periode 2019-2024, pada Muktamar ke – 14 NW di Mataram, 25-27 Juni 2019.
Terpilihnya, Rektor IAI Hamzanwadi NW Lotim ini, terjadi pada Sidang Paripurna IV dimana agendanya memilih Ketua Umum PBNW periode 2019-2024.
Setelah Pimpinan Sidang Muktamar Prof. Dr. H. Sayyid Agil al Idrus, membacakan mekanisme dan syarat calon Ketua Umum PBNW, langsung muncul intrupsi dari peserta muktamar.
Perwakilan PDNW Lombok Tengah, TGH Burhanuddin, S.Ag, menegaskan selama Ummi Hj St Raihanun ZAM bersedia, kami PD NW Loteng tetap mengajukan beliau sebagai Ketua Umum PBNW.

“Namun, kalau Ummuna ( Hj St. Raihanun) tidak bersedia lagi untuk dicalonkan, kami menunggu dan mengikuti apa yang diputuskan Ummuna,” tandasnya.
Wakil Ketua Dewan Musytasyar PBNW TGH L Anas Hasyri, lebih menegaskan lagi bahwa kami mengusulkan kepada muktamirin selama Ummuna masih siap menjadi PBNW kita tidak akan mengganti beliau, tapi kalau beliau tidak siap lagi, kami usulkan Tuan Guru Bajang KH LG Muhammad Zainuddin Atsani sebagai Ketua Umum PBNW.

“Untuk itu, kita serahkan kepada Ummuna untuk memberikan statemennya apa yang beliau inginkan, apakah ingin maju lagi atau merekomendasikan nama untuk menggantikan beliau,” imbuhnya. Mendengar apa yang di sampaikan TGH L Anas, serentak Muktamirin mengiyakan apa yang disampaikan beliau.
Ummuna Hj St Siti Raihanun ZAM, dalam statemennya menegaskan tidak maju lagi dan menyerahkan kepada Muktamirin soal siapa yang dipilih.

Pimpinan Sidang Muktamar XIV Prof. Dr. H Sayyid Agil al Idrus, MSi, saat memimpin sidang penetapan Tuan Guru Bajang KH LG Zainuddin Atsani, sebagai Ketua Umum PBNW setelah peserta Muktamar memilih secara aklamasi
Pimpinan Sidang Muktamar XIV

Prof. Dr. Sayyid Agil al Idrus, langsung menanyakan kepada peserta muktamar, apakah setuju apa yang disampaikna TGH Anas Hasyri tersebut untuk mengajukan Tuan Guru Bajang KH LG Zainuddin Atsani, sebagai Ketua Umum PBNW periode 2019-2024. Yang setuju silahkan berdiri dan mengacungkan tangannya.
Maka serentak Muktamirin berdiri dan mengacungkan tangannya.
“Dengan ini Muktamar XIV NW memutuskan Tuan Guru Bajang KH LG Zainuddin Atsani, sebagai Ketua Umum PBNW periode 2019-2024, secara aklamasi,” kata Prof. Agil, lalu mengetuk palu 3 kali, tok..tok..tok..
Seiring ketukan palu ketua pimpinan sidang, muktamirin menyambut dengan rasa haru dan pekikan takbir.


Dalam pidato perdananya, Ketua Umum PBNW Tuan Guru Bajang KH LG Muhammad Zainuddin Atsani, Lc., M.Pd.I., langsung mengucapkan Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun…dan mengaku jabatan ini adalah amanah yang cukup besar dan berat. Jabatan itu bukan diminta, dikejar atau diperebutan.
“Amanah itu harus mampu dieban untuk kemajuan organisasi. Ummuna selama empat periode dari 700an madrasah berhasil mengembangkan hingga menjadi 1600 madrasah di seluruh Indonesia. Itu artinya saya harus mampu memgemban dan memajukan NW ini lebih dari yang dilakukan Ummuna,” ungkapnya.


Lanjut Tuan Guru Bajang, panggilan akrabnya, Ummuna adalah sebuah simbol kemajuan NW selama beliau memimpin NW. Jadi kepengurusan berikutnya harus lebih maju lagi.
“Mari kompak utuh bersatu, jangan ada kubu-kubuan demi kemajuan organisasi NW yang didirikan Ninikda Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid. NW itu satu, sesuai SK Kemenkumham 2016, tidak ada versi-versian lagi,” tegasnya.
Syaikh Majid Said Salim, dalam sambutannya memberikan apresisasi atas terselenggaranya Muktamar ini dengan baik dan aman, sehingga Tuan Guru Bajang Syaikh Zainuddin Atsani terpilih secara aklamasi. Semoga kepengurusan ini bisa membawa keberkahan dan kemajuan Islam pada umumnya.
Demikian juga kepada al Mujahidah Ummuna Hj St Raihanun, ZAM yang memiliki semangat juang yang membaja dan pantang menyerah semoga mendapat balasan dari Allah SWT.

Suasana aklamasi peserta Muktamar XIV NW dalam memilih Tuan Guru Bajang KH LG Zainuddin Atsani sebagai Ketua Umum PBNW periode 2019-2024

Ketua PWNW Propinsi Kalimantan Utara, Marwan, SH, mengaku sangat bahagia dengan proses muktamar 14 ini sangat demokratis dan menghasilkan pemimpin yang diidamkan muktamirin.
“Sudah saatnya ada regenerasi kepemimpinan di NW ini, dan terpilihnya Tuan Guru Bajang KH LG Muhammad Zainuddin Atsani memberikan darah segar bagi kemajuan organisasi NW di masa mendatang,” harapnya.
Hal senada juga dikatakan Ketua PW NW Propinsi Sulawesi Tenggara Jamhur Karim, S.Sos.I., mengaku puas atas apa yang dihasilkan Muktamar ke 14 NW pada tahun ini yang telah menunjuk Tuan Guru Bajang KH Zainuddin Atsani sebagai Ketua Umum PBNW menggantikan Ummuna Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Majid yang ingin istirahat.


“Jiwa beliau (Tuan Guru Bajang) yang masih muda ini sangat bagus dalam memajukan dan mengembangkan organisasi NW, apalagi beliau sudah menjadi Ketua PWNW NTB dua periode. Jadi cukup berpengalaman beliau,” ungkapnya.

Perwakilan Kemenkumham RI saat membuka Muktamar XIV NW di Mataram, (26/06/2019)

Pada Sidang Paripurna V menetapkan dan mengesahkan hasil Rapat Formatur, dimana Ummuna Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, didaulat menjadi Ketua Umum ( Rois ‘Aam) Dewan Musytasyar PBNW. Sedang untuk Sekjend PBNW dijabat Prof. Dr. TGH Fahrurrozi, MA dan sebagai Sekjend Dewan Musytasyar PBNW, Dr. TGH Abdul Muhyi Abidin, MA.(vin)

Sumber: https://suararinjaninews.co.id/top-news/aklamasi-tuan-guru-bajang-kh-zainuddin-atsani-terpilih-sebagai-ketua-umum-pb-nw/

NW Online

Situs Nahdlatul Wathan Online | NW Online, Media Resmi Nahdlatul Wathan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker