Amal Usaha

Untuk mencapai tujuannya, Nahdlatul Wathan melakukan amal usaha dalam bidang pendidikan, social, dan dakwah Islamiyah. Malalui amal usaha ini Organisasi Nahdlatul Wathan menggerakkan umat Islam yang menjadi anggotanya untuk melaksanakan amal kebajikan, amal jariyah dan lain-lain. Adapunlangkah-langkah Organisasi Nahdlatul Wathan dalam mewujudkan amal usaha ini adalah sebagai berikut.

  1. Mendirikan Lembaga Pendidikan

Organisasi Nahdlatul Wathan mengajak para anggotanya untuk mendirikan lembaga pendidikan baik dalam bentuk madrasah maupun sekolah umum. Adapun lembaga pendidikan yang didirikan dan dikelola di antaranya:

  1. Taman Kanak-Kanak Islam
  2. Madrasah Ibtidaiyah
  3. Sekolah Dasar Islam
  4. Madrasah TsanawiyahMu’allimin
  5. Madrasah TsanawiyahMu’allimat
  6. Madrasah Tsanawiyah
  7. Madrasah Aliyah Mu’allimin
  8. Madrasah Aliyah Mu’allimat
  9. Madrasah Aliyah
  10. Sekolah Menengah Pertama(SMP)
  11. Sekolah Menengah Atas (SMA)
  12. Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)
  13. Madrasah Aliyah KeagamaanPutra-Putri
  14. Ma’had Darul Qur’an wal Hadits
  15. Institut/Universitas/SekolahTinggi
  16. Pondok Pesantren

Dalam mendirikan lembaga-lembaga pendidikan tersebut pimpinan Organisasi Nahdlatul Wathan mengajak warga Nahdlatul Wathan untuk beramal jariyah. Bukan hanya mendirikan gedungnya tetapi juga untuk pemeliharaan gedung, dan honor guru-guru yang mengajar. Untuk membantu pembayaran honor guru-guru yang mengajar dan tenaga yang lain siswa/mahasiswa lembaga pendidikan Nahdlatul Wathan diharuskan membayar uang pembangunan dan uang i’anah (SPP). Besarnya SPP ini tergantung pada kesepakatan antara orang tua murid dengan pihak madrasah/sekolah.

  • Mendirikan Lembaga Sosial dan Ekonomi

Salah satu amal usaha Nahdlatul Wathan adalah mendirikan dan mengelola lembaga social dan ekonomi. Lembaga-lembaga social dan ekonomi ini didirikan untuk membantu warga Nahdlatul Wathan dan umat Islam yang kurang mampu dan untuk meningkatkan tarap hidup mereka. Adapun bentuk-bentuk lembaga social dan ekonomi yang didirikan dan dikelola oleh Organisasi Nahdlatul Wathan antara lain :

  1. Panti Asuhan (PA), tempat menampung dan mengasuh anak-anak yatim dan anak-anak terlantar.
  2. Asuhan keluarga, lebih sederhana dari Panti Asuhan. Dalam Asuhan Keluarga anak-anak yatim dan anak-anak terlantar tidak diasuh pada tempat tertentu, tetapi mereka tetap tinggal bersama keluarga. Namun warga Nahdlatul Wathan yang ada di wilayah itu setiap saat memberikan mereka santunan untuk keperluan hidup sehari-hari.
  3. Klinik Keluarga Sejahtera, Klinik Bersalin, Pos Kesehatan Pondok Pesantren, dan lain-lain untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat, umat Islam dan khususnya warga Nahdlatul Wathan.
  4. Mendirikan Koperasi untuk meningkatkan derajat ekonomi warga Nahdlatul Wathan dan warga masyarakat.
  • Mendirikan Lembaga Dakwah

Sebagai Organisasi keagamaan, Nahdlatul Wathan memang sangat memperhatikan bidang dakwah Islamiyah. Kegiatan dakwah ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan nilai-nilaiIslam, selanjutnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutamadengan paham keagamaan Nahdlatul Wathan, yakni Islam Ahlussunnah wal Jama’ahbermazhab Syafi’i. Lembaga-lembaga dakwah dalam bentuk pengajiandan majelis taklim diasuh oleh para Tuan Gguru dan Da’i Nahdlatul Wathan yang sebagian besar merupakan abituren lembaga pendidikan Nahdlatul Wathan. Kegiatan dakwah Islamiyah Nahdlatul Wathan sudah tersebar di mana saja oleh kader Nahdlatul Wathan itu berada.