Asas, Tujuan, dan Lambang

oleh Sebar Tweet

Asas Organisasi Nahdlatul Wathan sejak didirikan sampaiMuktamar ke-8 tahun 1986 M adalah Islam Ahlussunnah wal Jama’ah ‘ala MazhabilImamisy Syafi’i r.a. Sedangkan sejak Muktamar ke-8 tahun 1986 M asas OrganisasiNahdlatul Wathan adalah Pancasila. Perubahan asas ini dimaksudkan untukmenyesuaikan diri dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di NegaraRepublik Indonesia, yaitu Undang-Undang Nomor 8 tahun 1985. Namun yang menjadi paham keagamaan adalah tetap Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

Kemudian pada Muktamar ke-11 Organisasi Nahdlatul Wathan kembali  berasas Islam Ahlussunnah wal Jama’ah ‘ala Mazhabil Imamisy Syafi’i r.a. karena peraturan perundang-undangan yang berlaku di era reformasi ini membolehkan hal itu.

Tujuan Organisasi Nahdlatul Wathan adalah li i’la’ikalimatillah (meninggikan kalimat Allah) wa’izzil Islam wal Muslimin (kejayaanislam dan kaum muslimin) dan keselamatan serta kebahagiaan hidup di dunia dandi akhirat. Sedangkan lambang Organisasi Nahdlatul Wathan adalah “Bulan Bintang Bersinar Lima”. Warna gambar putih dan warna dasar hijau. Adapun makna lambang tersebut adalah:

  1. Bulan melambangkan Islam
  2. Bintang melambangkan iman dan taqwa
  3. Sinar Lima melambangkan rukun Islam
  4. Warna gambarputih melambangkan ikhlas dan istiqomah
  5. Wana dasarhijau melambangkan selamat dunia dan akhirat

Lambang Nahdlatul Wathan ini dicantumkan pada bendera, setempel, dan atribut-atribut Organisasi lainnya.