NW ONLINE

Internasional Day Of Forest

NW Online | Rabu, 20 Maret 2019 08:00

Firman Allah Subhanahu wata’ala:

{وَلا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ بَعْدَ إِصْلاحِهَا}

Dan janganlah kalian membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya. (Al-A’raf: 56)

Allah Swt. melarang perbuatan yang menimbulkan kerusakan di muka bumi dan hal-hal yang membahayakan akan kelestariannya sesudah diper­baiki. Karena sesungguhnya apabila segala sesuatunya berjalan sesuai dengan kelestariannya, kemudian terjadilah pengrusakan padanya, hal tersebut akan membahayakan semua hamba Allah.

Tepat hari ini pada Rabu, 21 Maret telah ditetapkan menjadi peringatan Hari Hutan Internasional. Penetapan Hari Hutan Internasional ini ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia tentang pentingnya keberadaan semua jenis hutan dan pohon di luar hutan.

Hari Hutan Internasional atau International Day of Forest pertama kali diperingati pada tanggal 21 Maret, hal.ini berdasarkan resolusi PBB 67/200 bulan Desember tahun 2012 silam. PBB mendorong negara-negara anggota untuk memperingati Hari Hutan Internasional ini dengan melakukan kegiatan yang mengangkat isu hutan dan pohon.

Telah kita ketahui bersama, bahwa hutan merupakan sumber daya alam yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, hutan juga sangat besar sekali manfaatnya dalam lingkungan hidup manusia.

Menjaga dan melestarikan hutan menjadi tugas yang wajib bagi kita semua. Karena kelestarian yang terjaga akan memberikan manfaat besar dalam kehidupan kita sendiri nantinya.

Maka Allah Swt. melalui berfirman-Nya memerintahkan kepada kita untuk selalu berdoa dan merendahkan diri kepada-Nya serta memohon akan belas kasihan-Nya.

{وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا}

dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). (Al-A’raf: 56)

Yakni dengan perasaan takut terhadap siksaan yang ada di sisi-Nya dan penuh harap kepada pahala berlimpah yang ada di sisi-Nya.

SELAMAT HARI HUTAN SEDUNIA

NW Online

Situs Nahdlatul Wathan Online | NW Online, Media Resmi Nahdlatul Wathan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker