Hizib Nahdhatul Wathan: Kumpulan Doa-doa untuk Kemajuan Tanah Air, Kemajuan Nusantara, Kemajuan Bangsa Dan Negara.

oleh -533 views

“Hizib Nahdhatul Wathan: Kumpulan Doa-doa untuk Kemajuan Tanah Air, Kemajuan Nusantara, Kemajuan Bangsa Dan Negara”

Oleh: Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi Dahlan, QH., MA

Kenapa Hizib NW ini lahir?: pernyataan Akademiknya seperti itu kira-kira.

Terjawab bahwa:

  1. Hizib Nahdhatul Wathan lahir menjawab praktek2 keagamaan yang Masih lekat dengan animisme, Wetu telu, lahir menjawab lelakak2 sasak, belakak, bekayak, bebadean, pinjepanje, nyaer tak tentu nazham arudhnya. Hizib Nahdhatul Wathan mempertegas esensinya untuk mengkonstruksi budaya lokal yang relatif tidak cocok dengan konsep agama menuju perwujudan budaya lokal yang lebih relevan dengan ajaran agama.
  2. HIZIB NAHDHATUL WATHAN cerminan kearifan lokal masyarakat Nusantara yang senang berkumpul bersama bersua, maka Sua yang paling efektif adalah Sua dalam Doa yang dibaca bersama Dan berjamaah.
  3. Hizib NAHDHATUL WATHAN cerminan heroik anak Bangsa yang siap bertempur melawan Tentara NICA & Tentara nipon Jepang dengan mengandalkan spirit Doa yang diracik untuk melawan Tentara NICa Tentara nipon Jepang.
  4. Hizib NAHDHATUL WATHAN diawali dengan Doa ya hayyu ya qayyum, nama Ismullahi al- a’ zhom menurut sebagian ulama yang berkhasiat memperkokoh Dan memperkuat keyakinan Dan keimanan yang dilanjutkan dengan Tawassul bil ayatil qur’an(bi sirri kun fayakun) berkat melalui rahasia kun fayakun. Tawassul asasi yang lnsg dgn ayat ilahy. Dan inilah ciri khas NW itu membenarkan Tawassul dengan segala dimensinya. Hizib NW mengajarkan ummat Nusantara untuk bertawassul dengan Benar sesuai syar’i, bukan bertawassul dengan benda2mati atau sejenisnya.
  5. Hizib NAHDHATUL WATHAN mempertegas misi ASWAJA sebagai ideologi yang cocok untuk realitas Nusantara yang harus terus dilestarikan sepanjang masa. (ila yaumiddin).
  6. Hizib NAHDHATUL WATHAN mempertegas bahwa sejarah Hizib adalah sejarah NWDI. karena Madrasah ini lahir, hizibpun lahir untuk memfilterisasi segala onak Dan duri yang menghalangi misi luhur NWDI yang ASWAJA.
  7. Hizib NW memberikan klarifikasi ummat Nusantara menjadi Dua: almuntasibiin: orang yang secara geneologis lahir Dan besar dari rahim NWDI atau sejenisnya untuk tetap ingat akan sejarah perjuangan pendahulunya. Almuhibbin: tertuju kepada siapa saja yang secara fithrah senang melihat perkembangan agama Islam Di mana Dan kapanpun berada untuk tetap mensupport perjuangan keagamaan yang akomudatif dengan realitas sosiologis masyarakat NTB.
  8. Hizib NW menginspirasi ummat untuk menjadi pewaris nabi, pelanjut perjuangan nabi(waratsah alanbiya’) yang amiiliin ilmuan yang aplikatif loyalis (amiliin almukhlisiin). Bervisi menguasai ilmuilmu agama yang dinamis laksana awan yang terus bergerak (sahaaib ulum assyariyyah) Dan bermisi yang progresif untuk meraih ilmu ilmu laduny-ilmu alamiyah ilmu ilmiyah yang bersumber dari kesempurnaan Dan kemuliaan sang Sumber Ilmu pengetahuan (Allah zul jalal wal ikrom)..
  9. Hizib NW adalah refsentasi Minnah/ pemberian Allah untuk meraih hidayah yang sempurna bagi siapapun yang diberikan ilmu Dan amaliyah guna menuai kesempurnaan hidup yang bahagia sepanjang hayat.

Baca Juga:

Madrasah Al-Shaulatiyah Makkah Al-Mukarramah Tempat Nyantri 3 Ulama Nusantara Pendiri ORMAS ISLAM Terbesar di Nusantara

Ini satu bagian dari kesekian banyak kandungan Hizib NW untuk meneguhkan peradaban yang lahir mengitarinya yg tidak keluar dari ruang dan waktu. Tulisan ini untuk memberikan nuansa HUBBUL WATHAN ala Hizib NAHDHATUL WATHAN. Salam ta’ziem moga mendapatkan respon untuk menyempurnakan analisa Islam se-Nusantara ala NW.